Teks Sumpah Pemuda Indonesia | Isi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Setelah tadi saya mencoba memberikan sentilan pada blognya Slamet tentang kerja keras adalah energi kita,yang merupakan kontes seo dari pertamina,meskipun gak ikutan karena gak di submit blognya,yang mana tujuannya hanya buat belajar seo kontes,karena butuh waktu lama untuk bisa memahami dengan bener bener apa itu seo,selain itu juga lagi mencoba milih milih template blog yang bagus di mesin pencarian terutama google.Ok kali ini saya mau sharing tentang teks isi Sumpah Pemuda,meskipun hasil copy paste dari wikipedia hehehe.

Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia atau dikenal dengan Kongres Pemuda II,yang dibacakan pada 28 Oktober 1928.Tanggal ini kemudian diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.Rumusan Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario,sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.Berikut ini teks asli Sumpah Pemuda.

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA,MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,BANGSA INDONESIA

Ketiga : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN,BAHASA INDONESIA

Djakarta,28 Oktober 1928

Seperti itulah teks aslinya,dan kalau mau tahu teks yang sudah disempurnakan ejaannya silahkaan anda kunjungi Wikipedia.

1 komentar: